Dukung Ekonomi Masyarakat, Tim ESDM Riau Mengkaji Eksplorasi Pertambangan Pasir Di Pulau Rupat

BENGKALIS (Nadariau.com) – Tim Energi dan Sumber Daya MineralĀ (ESDM) Provinsi Riau Diketua Anton Suprojo melakukan kajian kelayakan pengolahan penambangan kerakyatan pasir di pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis pada Kamis, (24/5/2018).

Dalam kunjungan tim ESDM berjumlah sebanyak 6 orang terdiri dari Staf ESDM perwakilan Provinsi Riau itu turut hadir Camat Rupat Selatan Hanafi, Tokoh masyarakat Rupat, Kepala Desa Kelurahan Terkul dan Kepala Desa Darul Aman, dan sejumlah Lembaga Swadya Masyarakat (LSM) serta kelompok masyarakat pengelola penambangan kerakyatan pasir dikecamatan Rupat Selatan, Kabupaten Bengkalis.

Pantauan dilapangan perwakilan ESDM Provinsi Riau Anton Suprojo sebelum melakukan peninjauan langsung ke penambangan pasir kerakyatan masyarakat di desa sungai Injab dan desa pulah Ketam,kecamatan Rupat Selatan Kabupaten Bengkalis. Tim ESDM melakukan rapat koordinasi kepada pihak pemerintah setempat diwakili oleh Camat dan Tokoh masyarakat serta pengurus pengelola penambang pasir kerakyatan.

Anton Suprojo mengatakan pada prinsipnya mendukung upaya masyarakat dalam kegiatan pertambangan rakyat dikecamatan Rupat kabupaten Bengkalis.

“Tim datang dikecamatan Rupat untuk mengkaji pertambangan rakyat yang dikelola untuk kebutuhan masyarakat. Dan kita sangat menghargai usaha masyarakat dengan mengundang tim ESDM untuk melihat langsung kelokasi, ini kunjungan untuk keduakalinya terkait masalah amdal nya,”ungkap Anton Suprojo kepada sejumlah wartawan Kamis, (24/5/2018) .

Dijelaskannya setelah melakukan rapat bersama pemerintah setempat serta melakukan survey langsung ke lokasi selanjutnya akan melakukan kajian ulang terhadap dokumen kelengkapan pertambangan ini.

“Kita berharap masyarakat rupat akan saling mendukung dalam upaya pertambangan tersebut selagi untuk kepentingan masyarakat dan kebutuhan masyarakat. Apalagi pengelola sudah menyiapkan kelengkapan dokumen perizinan usaha pertambangan kerakyatan tersebut,” katanya.

Pengelola pertambangan rakyat Rupat Alam Basir mengungkapkan bahwa tum ESDM melakukan kunjungan serta kajian untuk kedua kalinya kelokasi pertambangan rakyat dikecamatan Rupat tersebut.

Untuk masalah dokumen pihaknya sudah mengajukan bertahun tahun sehingga tim ESDM melakukan kajian ulang. “Kita sudah ajukan permohonan ke ESDM Riau untuk perizinanan. Tim ESDM kali ini untuk mengkaji terkait Amdal, insya Allah secepatnya dokumen pertambangan rakyat ini akan terealisasi secepatnya karena ini untuk kebutuhan masyarakat khususnya kecamatan Rupat kabupaten Bengkalis,” ungkap Alam Basir.(nto)