DPRD Riau Dorong Penurunan Pertalite Melalui Perda

Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau DR Taufik Arrakhman SH MH

[divide]

Pekanbaru (Nadariau.com) – DPRD Riau terus mendorong secara administrasi terkait penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di Provinsi Riau.

Caranya yaitu dengan pengesahan Perda tentang penurunan tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) menjadi 5 persen.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau DR Taufik Arrakhman SH MH mengatakan, DPRD sudah membuat Ranperda PBBKB. Sekarang Ranperda tersebut sudah diverivikasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Perda ini diharapkan segera diterapkan di Riau. Sehingga dengan pengesahan Perda nanti, harga Pertalite bisa turun dari harga sekarang,” kata Taufik, Rabu (23/05/2018).

Berdasarkan informasi, harga pokok Pertalite akan naik lagi. Meski demikian, dengan Perda PBBKB diharapkan harganya tidak melambung tinggi.

Paling setidaknya, harga Pertalite sama dengan provinsi lain. Bukan seperti sekarang, dimana harga Pertalite di Riau lebih tinggi dari provinsi tetangga.

Kemudian, DPRD Riau juga mendorong pemerintah melalui pertamina untuk menaikkan kuota BBM jenis premium. Karena harga premium sangat cocok dengan kemampuan masyarakat.

“DPRD terus berupaya mengusulkan penambahan kuota Premium. Dengan bertambahnya kuota Premium maka akan dapat membantu masyarakat, terutama masyarakat ekonomi menengah kebawah,” ujar Taufik. (ind)