Wabup Meranti Kembali Lantik Pejabat Eselon III dan IV yang Dulu Gagal

Wabup Meranti melantik pejabat struktural eselon III dan IV.

[divide]

Meranti (Nadariau.com) –  Sebelumnya dalam daftar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kembali melantik 177 orang pejabat struktural eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Meranti.

Namun dari jumlah itu sebanyak 15 orang gagal dilantik karena berbagai alasan cuti dan lainnya, kali ini pelantikan kembali dilakukan oleh Wakil Bupati H Said Hasyim kepada para pejabat yang berhalangan tersebut, bertempat di Aula Kantor Bupati Meranti, Selasa (15/05/2018)

Hadir bersama Wakil Bupati, Asisten III Sekdakab Meranti H T Ahkrial, Kepala Badan Kepegawaian Meranti Alizar SSos MSi, serta sejumlah Pejabat Eselon II dan III dilingkungan Pemkab Meranti.

Dalam pidatonya, Wakil Bupati menekankan, masalah jabatan adalah jodoh dari seorang PNS yang harus diterima dan dilaksanakan dengan ikhlas, harus suka dan tidak ada bahasa tidak suka pada tempat pengabdian yang dipercayakan oleh pimpinan.

“Tugas dan amanah yang diberikan pimpinan merupakan perpanjangan tangan Kepala Daerah yang diamanahkan kepada staf, jadikan itu sebagai ladang amal, jalankan dengan santai dan tenang,” ucap Wakil Bupati.

Sebagai PNS dimanapun berada dikatakan Wakil Bupati, harus mampu menjadi penyejuk dan penawar baik kepada bawahan maupun pimpinan.

“Apapun permasalah dikantor jadilah kita sebagai penawar dan penyejuk,” ujarnya.

Sebagai bawahan hendaknya bersikap profesional dan menguasai semua Tupoksi yang menjadi tanggung jawabnya. Dan yang tak kalah penting jangan pernah menolak atahan dari pimpinan.

“Segera pelajari Tupoksi dan baca situasi dan kondisi sesuai arahan pimpinan, jangan mengelak arahan pimpinan, apapun tugas yang diperintahkan jalankan sesuai kemampuan,” imbuhnya.

Dikatakan mantan Birokrat yang pernah menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak dan Asisten I Sekdaprov Riau itu, pengalamannya dari awal bekerja sejak tahun 1981 hingga pensiun ditahun 2013 lalu, dirinya tak pernah dimarahi pimpinan didepan ASN dan tak pernah meminta minta Jabatan.

Kunci sukses menurutnya adalah bagaimana ASN itu bersikap dan bekerja. “Jagalah perasaan kawan sejawat dan pimpinan, soal jabatan setiap waktu ada orangnya setiap orang ada waktunya yang terpenting jaga sikap, akhlak dan profesionalitas. Karena pimpinan bisa menilai itu,” pungkasnya.

Sekedar informasi, sebelumnya Pemkab Meranti dalam hal ini Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, melakukan pelantikan 177 orang  pejabat Struktural Eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Meranti, Jum’at (11/05/2018) lalu.

Dalam arahannya dihadapan seluruh Pejabat Eselon III dan IV yang dilantik, Sekda Meranti Yulian Norwis SE MM, menegaskan merupakan hal biasa untuk memenuhi kebutuhan organisasi sekaligus dalam rangka meningkatkan karier ASN serta penyegaran bagi aparatur sipil negara.

Hal ini sesuai dengan kewenangan bupati selaku pembina kepegawaian sebagaimana diatur dalam UU No 5 Tahun 2014.

Dikatakan orang nomor satu dijajaran ASN Meranti itu, sebagai ASN harus memiliki integritas dan mampu bekerja profesional dan yang tak kalah penting adalah memiliki moral yang baik.

“Yang penting seorang ASN harus memiliki moral yang baik, baik itu dalam bekerja maupun prilaku dalam kehidupan bermasyarakat, kemarin baru saja tertangkap oknum ASN yang kedapatan memakai Shabu, dan hari ini jabatannya sudah kita copot,” tegas Sekda.

Selanjutnya dikatakan Sekda, dalam mutasi kali ini tidak ada titip menitip atau minta jabatan, karena para pejabat yang yang dilantik saat ini merupakan amanah yang diberikan pimpinan kepada ASN, setelah melalui pertimbangan dan evaluasi berdasarkan kinerja, pendidikan dan keahlian yang bersangkutan.

“Pelantikan kali ini tidak ada minta minta jabatan tapi murni dirunjuk oleh pimpinan jadi jabatan itu bukan diminta tapi ditunjuk oleh pimpinan,” jelasnya lagi.

Terkait pertanyaan wartawan banyaknya pejabat yang baru saja dilantik tapi kemudian dimutasi, diakui Sekda karena yang bersangkutan kurang bisa menyesuaikan diri dengan pimpinan.

“Sebagai bawahan kita harus bisa menyesuaikan diri dengan pimpinan jangan pula sebaliknya,” ucap Sekda Yulian Norwis.

Terakhir, Sekda Meranti berharap kepada ASN yang baru saja dilantik dapat memberikan pengabdian terbaik dan meningkatkan kinerja guna menggesa pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kepualuan Meranti.

“Untuk itu saya meminta kepada pejabat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru,” katanya. (Rul)