Terkait Inti Plasma, Koperasi BBDM Teken MOU Dengan PT. SDA

BUKIT BATU (Nadariau.com) – Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, akhirnya melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan PT. Surya Dumai Agrindo (SDA) beberapa waktu yang lalu di Pekanbaru. MoU ini dilakukan terkait sistim inti plasma perkebunan sawit.

“Alhamdulillah, MoU antara Koperasi BBDM dengan PT. SDA sudah kita lakukan pada tanggal 12 april 2018 di notaris Kevin Ardian SH SE, M. Kn di Pekanbaru,” ujar Ketua Koperasi BBDM Suwitno Pranolo didampingi pengurus ketika menggelar konfrensi pers, Selasa (17/04/2018).

Dikatakan selanjutnya oleh Suwitno Pranolo, dalam MoU tersebut hadir langsung Dirut PT. SDA Harianto Tana Mulyono didampingi Manajer Kemitraan Didin. MoU ini membuktikan komitmen pihak perusahaan terkait sistim plasma dengan pihak Koperasi BBDM.

“Dengan adanya MoU ini membuktikan komitmen dari pihak perusahaan dan jangan ada lagi opini yang berkembang bahwa pihak perusahaan menahan hak masyarakat pemilik lahan, ” tegas Suwitno Pranolo yang akrab disapa Ewok ini.

Dijelaskan lagi oleh Ewok seluruh data petani yang tergabung dalam kelompok tani yang sudah di inentarisir tahun 2010 lalu ada pengurus ada pada pengurus koperasi dan 80 persen sudah melaporkan lahan mereka ke Koperasi BBDM, dan baru 60 persen yang sudah memperbaharui MoU dengan koperasi sesuai data kepemilikan keabsahan dan legalitas yang ada.

” Bagi masyarakat pemilik lahan kita himbau untuk untuk datang ke Koperasi BBDM untuk dilakukan pendataan dengan dibuktikan kepemilikan lahan sesuai data yang ada di Koperasi BBDM, ” pinta Ewok.

Ewok juga menargetkan untuk konversi terhadap pendataan kepemilikan lahan ini paling lambat 6 bulan dan setelah itu masyarakat pemilik lahan akan menerima hasil sesuai MoU yang ditandatangani petani pemilik lahan dari hasil perkebunan sawit tersebut.

” Target konversi paling lambat 6 bulan, kedepan setelah lengkap masyarakat pemilik lahan yang sudah memilki legalitas dan sudah menandatangani kepemilikan akan menerima hasil,” tutup ewok. (nto)