Diduga Nipu, Travel Umroh Abu Tours Hamzah Mamba Disegel Polda Riau

Kantor Travel Umroh Abu Tours Hamzah Mamba disegel polisi.

[divide]

Pekanbaru (Nadariau.com) – Diduga terlibat penipuan dan penggelapan dana jamaah, kantor Travel Umroh Abu Tours Hamzah Mamba disegel Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Selasa (17/04/2018).

Penyegelan kantor ini setelah penyidik Subdit II Tindak Pidana Korupsi Dit Rekrimsus Polda Riau melakukan berbagai upaya proses penyelidikan di Jalan Harapan Raya, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru.

Hal ini langsung diungkapkan Kasubdit II Tindak Pidana Korupsi Dit Reskrimsus Polda Riau, AKBP Jhon Ginting dilokasi penyegelan (Police Line) kantor yang terlibat dugaan penipuan calon jamaah umroh tersebut.

“Hari ini dilakukan penyegelan terhadap kantor Abu Tours. Proses penyelidikan selanjutnya,” katanya.

Untuk mendalami kasus tersebut, penyidik sudah memeriksa beberapa orang saksi dan termasuk pegawai Abu Tours yang berdomisili di Pekanbaru.

“Untuk saksi totalnya 13 orang terdiri dari 9 orong skasi dari pelapor dan 4 orang saksinya dari pegawai Abu Tours,” beber Jhon.

Sementara, untuk korban yang merasa dirugikan atau pengaduan dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana jamaah umroh yang ada di Pekanbaru, Polda Riau telah menghitung jumlah ekstimasi sebanyak 131 orang

“Untuk jemaah umrahnya Abu Tours ada yang sudah berangkat ke tanah suci sejak akhir Desember 2017,” kata Dasmin.

Saat ditanyakan kepada Jhon untuk penyegelan tersebut pihak penyidik Dit Reskrimsus belum menahan aset untuk barang bukti, karena penyidik masih menunggu koordinasi dari penyidik Polda Sulawesi Selatan.

“Saat ini kita akan menunggu koordinasi pihak Polda Sulawesi Selatan untuk tahap proses penggeledahan kantor Abu Tours,” tutupnya.

Sebelumnya, Polda Sulsel telah menetapkan seorang tersangka dalam dugaan kasus penipuan dan penggelapan dana ribuan jemaah umroh, ia Hamzah Mamba pemilik Abu Tours salah satu travel umroh di Sulawesi Selatan.

Bisnis Abu Tours ini terbilang sukses dalam hal mengembangkan jaringannya. Tidak hanya di Sulsel saja, tapi sudah tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan Pekanbaru, Riau pun menjadi salah satu lokasi biro travel ini beroperasi. (ari)