Bawaslu Buka Posko Pengaduan Bagi Warga Yang tak Terdaftar di DPS

Salah satu titik posko pengaduan Bawaslu Riau.

[divide]

Pekanbaru (Nadariau.com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau, membuka posko pengaduan bagi warga yang tak terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018.

“Untuk itu, bagi warga yang namanya belum terdaftar dalam DPS maupun di DPT bisa melapor ke Bawaslu Riau melalui posko pengaduan,” pinta Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, Jum’at (13/04/2018).

“Di setiap rumah Panwas (panitia pengawas) kita fungsikan sebagai Posko Pengaduan DPS/DPT,” ulasnya.

Bagi warga yang belum terdaftar, kata Rusidi, dapat mendaftarkan diri dengan cara membawa KTP elektronik yang asli untuk ditunjukkan kepada pengawas Pemilu.

Dan menyerahkan Fotocopynya sebagai bahan Bawaslu dan jajarannya di setiap tingkatan untuk direkomendasikan ke dalam DPT.

“Jika DPT sudah ditetapkan oleh KPU Provinsi Riau, maka nanti akan direkomendasikan untuk di masukkan dalam daftar pemilih tambahan,” jelas dia.

Namun jika tidak sempat datang ke posko pengaduan, terang Rusidi, warga juga bisa melaporkan melalui SMS/WA dengan cara ketik Nama#NIK#TTL#Jenis kelamin#alamat lengkap, kirim ke nomor 0852 6429 9381 dan 0852 9231 4212.

“Diharapkan kepada seluruh jajaran pengawas pemilu untuk pro aktif melakukan sosialisasi kepada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih dalam pilkada,” tutupnya. (wid)