Hebat , BKL Desa Batang Duku Raih Juara 1 Se Kabupaten Bengkalis

BUKITBATU (Nadariau. com)  – Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) Berkah Desa Batang Duku Kecamatan Bukit Batu berhasil meraih Juara 1, dan mewakili Kabupaten Bengkalis maju tingkat Provinsi Riau,  Rabu (4/4) tim penilai tingkat provinsi datang untuk menilai BKL tersebut. Kedatangan tim tersebut disambut dengan kompang sebagai budaya yang di lestarikan di desa setempat

Kepala Desa Batang Duku Sapri Syafi’i dalam paparannya mengatakan. Berbagai kegiatan yang dilakukan diantaranya menggelar pertemuan rutin setiap bulan, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan serta senam bersama, pengajian, bercocok tanam.

Melalui kegiatan itu, lanjutnya, para anggota yang rata-rata sudah berusia senja ini tingkat kesehatannya cukup baik, karena setiap ada ganguan kesehatan dapat terdeteksi sejak dini.

“Sehingga secepatnya bisa dilakukan pengobatan. Selain itu melalui pertemuan rutin menumbuhkan rasa kebersamaaan dan kekompakan” ungkapnya.

Selain itu juga Sapri menambahkan bukanlah juara pertama yang dicari namun yang terbaik yang diharapkan meski Desa Batang Duku Baru berusia seumur jagung.

“Melalui kegiatan ini hendaknya kita semakin kompak, karna dengan kekompakan yang berat bisa jadi ringan, terimakasih juga kepada semua kader, pendamping yang selalu membina Desa Batang Duku” ujar Sapri

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Bukit Batu Taufik Hidayat mengatakan sebagai wujud penyadaran kepada masyarakat khususnya bagi keluarga yang di dalamnya mempunyai anggota yang berusia lanjut agar merubah pola pikir dimana dulu menyebut orang tua adalah beban menjadi orang tua adalah inspirasi keluarga dan mampu memberikan peran dalam keluarga dan masyarakat.

“Keberadaan kelompok BKL sangat bermanfaat sebagai wadah berkegiatan para lansia  sehingga bisa  menjalani kehidupan” ujarnya

Sementara itu Ketua Tim Penilai, Yasni  Perwakilan BKKBN Riau menjelaskan, tujuan lomba tersebut sebagai upaya pembinaan dan peningkatan  pengetahuan dan wawasan bagi Kelompok BKL.

Ia berharap melalui lomba ini  peran Kelompok BKL dapat semakin termotivasi guna mendukung keberhasilan program Pemerintah dibidang pembinaan Keluarga lansia.

Dijelaskannya untuk system penilaian meliputi berbagai aspek, diantaranya administrasi, kepengurusan, inovasi program, keberhasilan program., penyuluhan, rujukan kesehatan dan melihat langsung kegiatan BKL. (nto)