Gubri Panen Pepaya Hasil Mahasiswa Agribisnis UIR

Gubernur panen pepaya

Pekanbaru (Nadariau.com) – Gubernur Riau (Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman panen pepaya hasil mahasiswa Agribisnis Universitas Islam Riau (UIR) Kebun Dua, Pasir Putih, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Selasa (10/01/2017). Pepaya milik mahasiswa UIR yang berada di areal lahan seluas 54 hektare ini merupakan varietas merah delima/madu yang ditanam pada 7 Juli 2016 lalu.

“Manis rasanya, enak,” kata Gubernur Riau ketika mencicipi sepotong buah pepaya yang baru saja dipetiknya. Usai meninjau perkebunan pepaya dan jagung, rombongan Gubernur Riau ini pun menikmati hasil panennya di sebuah gubuk sembari bercengkerama dengan sejumlah perwakilan pemerintah kabupaten Kampar, Rektor UIR dan mahasiswa.

Di atas ini, baru sekitar 70 persen yang dimanfaatkan dan ditanami buah-buahan seperti pepaya, jagung, jambu, kedelai, singkong, semangka dan labu. Sementara, lahan yang tersisa rencananya akan dibuat peternakan sapi.
Kali ini, Gubernur Riau berkesempatan hadir untuk ikut memanen buah pepaya didampingi oleh Rektor UIR Detri Karya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Darmansyah, Kepala Balitbang Provinsi Riau Arbaini dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Ferry HC. Setidaknya ada sebanyak 1.260 pohon pepaya asal bibibit Balitbu Solok yang tertanam di lahan ini. Yang mana, setiap enam bulan sekali masa panen, perkebunan pepaya ini dapat menghasilkan sekitar 1,2 ton pepaya.(sny)